Jadwal Memberi Makan Kucing dalam Sehari

Jadwal Memberi Makan Kucing Dalam Sehari

Jadwal memberi makan kucing pada dasarnya sama dengan jadwal makan manusia, yaitu pagi, siang, dan malam. 

Jadi, Jadwal Memberi Makan Kucing dalam Sehari itu 3 kali makanan basah (wet food) atau makan besar, plus cemilan (makanan kering/dry food).

Banyak orang yang menyepelekan untuk membuat jadwal pemberian pakan kucing dalam sehari. Sehingga pola makannya tidak beraturan dan tidak disiplin. Akibatnya kucing kerap kelaparan dan mencari makanan di luar yang belum diketahui nilai gizinya.

Lebih parah lagi jika hal ini terjadi pada kucing ras peliharaan seperti kucing persia ataupun kucing anggora. Sungguh ironis dan mengerikan. Kalau sudah kelaparan biasanya kucing tersebut mencari makan di luar dan bisa memakan hewan seperti tikus yang itu sangat tidak baik untuknya.

Oleh sebab itu buatlah jadwal memberi makan kucing secara rutin dalam sehari. Di sini hobinatang.com mencoba memberi gambaran kepada anda tentang pola makan kucing yang baik.

Manfaat Memberi Makan Kucing Secara Rutin dan Teratur

Namun sebelum kami memberi contoh jadwal makan kucing dalam sehari, terlebih dahulu kita ketahui manfaat-manfaat dari memberi makan kucing secara teratur.

Memberi makan kucing secara teratur bisa membuatnya menjadi lebih penurut terhadap pemiliknya. Karena si kucing merasa bahwa ia sangat diperhatikan. Selain itu dia juga merasa selalu diberi makanan dan minuman oleh majikan. Sehingga kasih sayangnya pun bertambah. Kalau tidak percaya Silahkan baca artikel kami yang berjudul, [Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut Kepada Kita]

Manfaat lain adalah bisa menjadikan kucing kita teratur dalam hal buang air kecil maupun buang air besar. Sehingga pemiliknya bisa mengetahui kapan dia akan buang air kecil dan kapan dia akan pakai besar.

Kita pun bisa lebih mudah menyiapkan apa apa yang dibutuhkan saat buang air kecil maupun besar (misalnya, pasir atau tisu). Bahkan kita juga bisa melatihnya untuk membuang kotorannya di kamar mandi (toilet trening).

Manfaat berikutnya adalah bisa membuat kucing memahami tempat makan dan minumnya. Jadi alangkah baiknya kalian tidak memindah-mindahkan tempat makanannya. Jika kucing sudah hafal, kita cukup memberi makanan di wadahnya lalu secara otomatis kucing tersebut akan mendekatinya sendiri.

Pola Memberi Makan Kucing dalam Sehari

Apabila kita sudah mengetahui manfaat-manfaat memberi makan kucing secara teratur. Selanjutnya saya akan memberikan contoh jadwal pemberian makan kucing dalam sehari hari.

Menurut rekomendasi dokter hewan, kucing bisa diberi makan 3 kali dalam sehari (Pagi, Siang dan Malam). Dengan catatan:

Waktu pagi memakan makanan berat. Siang hari hanya memakan cemilan kucing yang ringan dan di malam hari porsinya sama seperti saat pagi hari. Pola yang seperti itu sangat baik untuk pertumbuhan kucing yang ideal. Tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

Namun jika sobat ingin mempercepat pertumbuhannya, sobat bisa memberinya makan 3 kali dalam sehari. Dengan porsi lebih banyak dan ditambah pemberian susu yang bagus untuk kucing.

Yang terpenting adalah konsisten dan disiplin. Jangan biarkan kucing Anda kelaparan dan mencari makan di luar rumah.

Anak Kucing Makan Berapa Kali Sehari?

Kebanyakan orang memberi makan anak kucing mereka yang baru dengan hanya mengisi mangkuk dengan makanan kering lalu meninggalkannya dan membiarkan makanan tersebut tersedia sepanjang hari.

Tetapi perlu diketahui bahwa membuat jadwal makan untuk anak kucing yang Anda miliki merupakan ide yang bagus.

Dengan pemberian makan yang terjadwal memungkinkan Anda mengontrol pola makan anak kucing tersebut dengan lebih mudah, dan tidak membiarkan makan terlalu banyak sehingga membuatnya kegemukkan.

anak kucing makan apa, makanan anak kucing hutan, memberi makan anak kucing tanpa induk, makanan anak kucing, makanan anak kucing umur 3 minggu, makanan untuk anak kucing, merawat anak kucing

Makanan Anak Kucing

Anak kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari kucing dewasa. Beri makan anak kucing Anda makanan yang dibuat khusus untuk anak kucing.

Sebaiknya Anak Kucing diberi Makan Basah atau Kering?

Anak kucing dapat makan dengan baik meskipun diberikan pilihan makanan kalengan atau kering. Karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Makanan kaleng mengandung banyak uap air daripada makanan kering, ini berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kucing. Hal ini mungkin menjadi cukup penting bagi kucing Anda di hari kemudian.

Makanan kering cendrung lebih mudah untuk diberikan sebagai makanan dan dapat dibiarkan untuk waktu yang cukup lama tanpa khawatir terjadinya pembusukan.

Jadwal Pemberian Makan Anak Kucing

Anak kucing Anda harus makan tiga kali sehari. Pagi, siang dan sore hari adalah pilihan yang tepat. Anda pun dapat mengatur jadwal untuk menyesuaikan dengan kegiatan atau rutinitas Anda sendiri, meskipun yang terbaik adalah menjaga konsistensi serta rutinitas sehari-hari.

Panduan pemberian makan anak kucing menjadi hal yang penting, tetapi Anda pun harus memantau kondisi tubuh kucing Anda sendiri dengan menyesuaikan jumlah pemberian makan yang sesuai.

Jika didapati berat badan kucing menjadi terlalu berat, sebaiknya kurangi jumlah makanan kucing. Dan sebaliknya, tingkatkan jumlah makanan yang disediakan jika kucing terlalu kurus dan beratnya tidak sesuai dengan harapan Anda.

Anda harus memperhatikan Makanan kaleng atau makanan basah, sebaiknya tidak dibiarkan lebih dari 20 hingga 30 menit maksimal untuk kucing Anda, karena setelah jangka waktu tersebut Anda sebaiknya membuang bagian yang tidak dimakan. Berbeda dengan makanan kering, yang dapat ditinggalkan untuk waktu yang lebih lama.

Namun, jika Anda mempunyai keputusan untuk meninggalkan makanan kering tersedia setiap waktu untuk kucing Anda, sangat penting untuk memastikan kucing Anda tidak makan secara berlebihan.

Jika demikian, Anda harus membagi porsi diet anak kucing Anda dengan tepat dan membuat jadwal makan untuk anak kucing Anda.

Tips memberi makan kucing

Di alam bebas, harimau sangat mengerti akan kebutuhan mereka terhadap makanannya. Dengan memberikan anak kucingmu, makanan yang sesuai pada waktu yang tepat, kamu akan mendukung nalurinya sebagai seorang karnivora dan pemburu sejati.

Makanan khusus anak kucing

Selama 4-5 minggu pertama, mereka akan mendapatkan asupan gizi dari ibunya. Biasanya mereka akan berhenti pada minggu ke – 7, tapi kamu bisa memberikannya makanan khusus.

Perut yang kecil, nafsu makan yang besar

Anak kucing memang berukuran kecil bagimu, tapi percayalah bahwa dia akan tumbuh 15 kali lebih cepat dari bayi manusia! Dengan ukuran perutnya yang sebesar ibu jarimu, kamu tidak boleh kebanyakan memberi makanan padanya.

Itulah mengapa penting untuk memberi makan mereka secara berkala – kamu dapat memberinya hingga 6 kali dalam sehari. Cobalah mengoles makanannya di piring mereka, sehingga mereka dapat menjilat dan merasakannya.

Porsi anak kucing dan kucing dewasa

Sekitar umur 4 bulan, satu makanan cocok untuk sekali makan bagi anak kucing. Berilah dia 3 – 4 kali makan sehari sampai menginjak bulan keenam.

Setelah itu, 2- 4 kali sehari sudah cukup untuk memenuhi nafsu makannya. Ketika berumur 10 – 12 bulan, anak kucingmu sudah siap dengan pola makan anak kucing dewasa, di mana kamu hanya perlu memberinya makan dua kali dalam sehari.

Pemilih Makanan

Di alam bebas, harimau adalah pemakan yang cermat, di mana mereka akan menghindari apapun yang rasanya aneh. anak kucingmu pun mempunyai naluri yang sama, dan mereka lebih senang jika disajikan makanan segar, dengan suhu ruangan di mangkuk yang bersih miliknya.

Mengubah Menu Makanan

Jika kamu ingin mencoba memberikan menu makanan yang baru. Berikanlah secara bertahap dan sedikit demi sedikit, karena merubahnya dengan mendadak akan menyebabkan sakit perut bagi perutnya yang sensitif.

Di luar kebiasaannya

Sesaat setelah anak kucingmu berhenti mendapatkan asupan susu dari ibunya, mereka akan kehilangan kemampuannya untuk mencerna susu – Jangan memberikan susu sapi!  Faktanya adalah banyak makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia tapi bisa menjadi sangat berbahaya untuk anak kucing – misalnya, bawang dapat menyebabkan anemia. Jadi jangan tergoda untuk memberikannya sedikit makananmu hanya karena kamu ingin memperlakukannya sama seperti manusia. Kamu cukup memberikannya menu makanan yang cocok untuknya di waktu yang tepat, dia akan mendapatkan semua nutrisi yang dia butuhkan.

Air

Anak kucing memiliki hidung dan telinga yang sangat peka, hal ini membuat mereka cepat menangkap bau – bau kimia yang mengganggu. Itulah alasannya mengapa dia lebih senang minum dari genangan air (bahkan kamar mandi!) dibandingkan dengan mangkuk airnya. Untuk mencegah kebiasaan minum lebih banyak, letakkan mangkuk air di tempat yang jauh dari toilet mereka. Tapi jika kebiasaan anehnya ini terus berlanjut, jangan khawatir – hal ini biasa terjadi!

Toilet

Harimau sangat berhati – hati dengan kebersihannya. Karena itulah mereka tidak pernah makan dan pergi ke toilet di tempat yang sama. Si kecil pun tidak berbeda dengan mereka, maka pastikan kamu meletakan toilet mereka jauh dari tempat di mana mereka akan makan dan minum. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa dibaca di latihan buang air.

Kehidupan yang lama dan sehat

Bulunya yang mengkilap, matanya yang berbinar dan kelenturan ototnya adalah tanda bahwa anak kucingmu mendapatkan nutrisi yang sehat. Jika kamu memberinya makan makanan kucing yang seimbang dengan tepat di setiap perkembangan hidupnya, kamu akan segera melihat perubahan dalam penampilannya.*

Post a Comment

0 Comments