Seekor Kucing Dilaporkan Terinfeksi Virus Corona di Belgia

Seekor Kucing Dilaporkan Terinfeksi Virus Corona di Belgia
Seekor kucing di Belgia dilaporkan positif terkena Virus Corona (Covid-19) setelah menangkap bug yang berpotensi mematikan dari pemilik yang terinfeksi.

Dilansir New York Post, kucing yang sakit di Liège dinyatakan positif setelah menunjukkan gejala klasik Covid-19 – termasuk kesulitan bernafas – seminggu setelah pemiliknya pertama kali jatuh sakit.

“Kucing itu diare, terus muntah dan kesulitan bernafas. Para peneliti menemukan virus di kotoran kucing,” kata profesor Steven Van Gucht.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersikeras bahwa tidak ada bukti seekor anjing, kucing, atau hewan peliharaan apa pun dapat mentransmisikan Covid-19 kepada manusia.

Van Gucht juga menekankan, kasus kucing di Liège tampaknya adalah pemilik yang membuat hewan peliharaannya sakit.

“Kami ingin menekankan bahwa ini adalah kasus yang terisolasi,” katanya. “Risiko penularan dari hewan ke manusia sangat kecil.”

Dewan Nasional Belgia untuk Perlindungan Hewan (CNPA) juga mengatakan, tidak ada ancaman dari hewan peliharaan.

“Hewan bukan vektor epidemi, jadi tidak ada alasan untuk meninggalkan hewan Anda,” kata agensi – sambil menyarankan pemilik untuk “tidak menggosok hidung mereka terhadap hewan peliharaan mereka.”

Di kalangan pecinta kucing muncul kekhawatiran hewan kesayangannya tertular atau menularkan Covid-19. Namun, seperti ditegaskan WHO, kucing dan hewan lainnya tidak menularkan virus covid-19.*

Post a Comment

0 Comments