Ciri-Ciri Kucing Sakit Mata dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Kucing Sakit Mata dan Cara Mengobatinya
Ciri-ciri kucing sakit mata sudah sepatutnya diketahui oleh pemiliknya. Hal ini biasanya disebabkan oleh perawatan yang kurang baik oleh pemiliknya.

Oleh karena itu, untuk mencegah kucing sakit mata tentunya kamu harus mengetahui cara merawat kucing yang benar terlebih dahulu.

Kondisi sakit mata pada kucing tentunya bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya, baik di area sekitar mata, maupun bagi kesehatan kucing secara keseluruhan. Diperlukan perhatian ekstra saat kucing telah mengalami sakit mata.

Ciri-ciri kucing sakit mata bisa dilihat dari fisik dan sikapnya. Berbagai tanda pada area mata hingga perilaku yang tidak normal yang tidak biasa ditunjukkannya bisa menjadi tanda kucing kamu mengalami sakit mata.

Ciri-Ciri Kucing Sakit Mata

Berikut ciri-ciri kucing sakit mata yang harus diperhatikan sang pemilik hewan peliharaan.

Adanya Kotoran di Area Mata

Ciri-ciri kucing sakit mata yang pertama adalah adanya kotoran di area mata. hal ini mungkin sering kamu lita pada kucing liar. Kamu wajib memerhatikan hal ini agar kesehatan kucing tetap terjaga. Jika tidak, penyakit mata ini akan menyebabkan iritasi dan membuat mata bengkak jika tidak cepat-cepat ditangani.

Mata Berair dan Setengah Menutup

Selain itu, ciri-ciri kucing sakit mata selanjutnya adalah matanya berair dan setengah menutup. Hal ini biasanya terjadi saat kucing mengalami penyakit painful eye. Mata kucing akan terus berair dan juga setengah menutup karena penyakit mata ini disebabkan oleh cedera kornea seperti glaukoma dan uveitis.

Jika terlalu lama dibiarkan, penyakit ini akan semakin berkembang menjadi bertambah parah.

Mata Kecil Sebelah

Ciri-ciri kucing sakit mata berikutnya adalah matanya kecil sebelah. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri bernama chlamydia, sehingga salah satu mata kucing akan berukuran lebih kecil dan tidak simetris.

Lama kelamaan penyakit ini akan menyebabkan mata kucing menonjol keluar, bahkan tidak hanya satu mata namun kedua mata kucing akan terlihat seperti keluar.

Kamu bisa menanganinya dengan memberikan obat antibiotik atau obat tetes mata pada kucing. Namun, sebaiknya berkonsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu agar lebih aman.

Mata Merah Muda atau Konjungtiva

Mata merah muda atau konjungtiva ini juga merupakan ciri-ciri kucing sakit mata yang cukup sering ditemui. Pada penyakit ini, mata kucing akan terlihat membengkan dan berair. Konjungtiva diakibatkan oleh bakteri atau virus karena alergi. Penyakit ini bahkan dapat menular dan kucing juga biasanya akan lebih sering mengeong karena kesakitan.

Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan iritasi pada kucing dan membuatnya bertambah parah. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter hewan sebelum menggunakan obat antibiotik untuk lebih amannya.

Mata Cekung

Selanjutnya, mata cekung juga merupakan salah satu ciri-ciri kucing sakit mata yang harus diwaspadai. Penyakit ini bisa berkembang menjadi cukup parah bila dibiarkan, karena dapat menyebabkan tumor atau dehidrasi. Mata cekung merupakan penyakit mata yang dapat mengundang penyakit mata lainnya yang lebih akut.

Kamu perlu memperhatikan kucing dengan selalu memenuhi kebutuhan air minum yang bersih untuknya. Hal ini karena mata cekung biasanya terjadi karena tubuh kucing kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Benjolan Pada Mata

Jika kamu melihat kucingmu mengalami benjolan di area mata dan terus membesar, hal ini bisa menjadi tanda si kucing terkena tumor mata. Tumor adalah penyakit yang paling berbahaya dan membutuhkan biaya yang banyak untuk mengatasinya.

Biasanya, banyak orang yang memberikan serbuk kulit manggis yang dicampurkan dengan makanan kucing pada peliharaannya. Hal ini dilakukan sebagai alternatif untuk pengobatan tumor tersebut.

Mata Kucing Kering

Mata kucing kering ini biasanya disebabkan oleh tersumbatnya saluran air pada mata kucing karena bakteri Nasolacrimal Occlusion. Ciri-ciri kucing sakit mata ini sangat berbahaya dan mengakibatkan mata kucing menjadi kering dan mudah iritasi.

Kamu bisa mengtasinya dengan obat tetes mata untuk kucing, namun sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

Tidak Mau Terkena Cahaya

Ciri-ciri kucing sakit mata dilihat dari perbedaan perilakunya yang pertama adalah kucing tidak mau terkena cahaya. Jika kamu melihat mata kucing berair dan adanya cacing halus di matanya, maka kamu harus segera membawanya ke dokter hewan, karena ini bisa menjadi pertanda yang sangat membahayakan bagi kucing.

Gejala ini sangat berbahaya dan mematikan bagi kucing. Cacing yang hinggap di mata kucing dapat berubah menjadi penyakit peradangan yang parah.

Nafsu Makan Menurun

Beberapa penyakit mata seperti Feline Herpesvirus mengganggu nafsu makan kucing. Jika penyakit ini sudah parah akan menjalar hingga tenggorokan kucing. Penyakit ini biasanya terjadi pada kucing anakan.

Untuk mengatasinya kamu bisa membawanya ke dokter untuk di berikan obat.

Memelihara kucing memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus benar-benar memperhatikan berbagai kebutuhannya dan kondisi kesehatannya agar kucing bisa beraktivitas dengan baik, dan kamu bisa tetap ditemani olehnya. (Sumber)

Cara Mengobati Penyakit Mata Pada Kucing


Penyakit Mata Pada Kucing – Tidak hanya manusia, kucing juga dapat terkena sakit mata. Nyatanya, sakit mata bisa terjadi hampir disemua makhluk hidup yang memiliki mata. Kucing juga memiliki beberapa penyakit mata yang hampir sama seperti manusia pada umunya, bahkan cara pengobatannya pun nyaris sama. Dan semua penyakit itu memang harus cepat-cepat di obati bukan?

Kucing dapat terkena penyakit mata karena banyak faktor, bisa jadi karena lingkungan yang kotor atau matanya yang iritasi karena terluka. Bahkan makanan yang kucing konsumsi juga bisa menyebabkan sakit mata pada kucing. Tidak hanya kucing dewasa, kucing anakan pun bisa terkena penyakit mata. Bahkan kucing ras yang harganya mahal pun dapat terjangkit penyakit mata jika perawatannya tidak tepat. Dengan banyaknya penyakit mata yang menjangkit kucing, banyak juga cara pengobatannya dari yang alternatif hingga dengan resep dokter.

Jenis-Jenis Penyakit Mata Pada Kucing

Ada banyak sekali jenis penyakit mata yang dapat diderita si kucing. Dari yang ringan hingga yang harus memerlukan operasi mahal. Meskipun kucing hewan yang mungil dan kecil, tidak menutup kemungkinan bahwa biaya operainya ikut mahal. Yang pasti semakin cepat mengetahui ciri-ciri penyakit mata tersebut dan semakin cepat dibereskan, maka biaya yang dikeluarkan juga tidak akan sebanyak jika penyakit tersebut sudah parah. Ini ada beberapa jenis dan

Painful Eyes

Jenis penyakit mata ini adalah yang sering di derita si kucing dan Kucing yang menderita painful eyes akan mengalami excessive tearing atau mata kucing akan berair secara berlebihan. Jika memburuk, mata yang terkena Painful eyes lama-lama akan menutup dan si kucing menjadi anti terhadap cahaya karena dinilai sangat sakit jika terkena cahaya.

Si kucing biasanya akan menggaruk matanya sendiri atau fatalnya mata akan di cakar dan menimbulkan infeksi yang lebih parah. Penyakit Painful eyes dikarenakan ada cedera di kornea mata si kucing.

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah jenis penyakit mata pada kucing yang dapat menyebabkan radang dan iritasi. Banyak yang menyebut ini sebagai penyakit mata merah kucing, dan biasanya dikrenakan oleh rumput, serbuk sari, bakteria, jamur hingga virus. Konjungtivitis juga dapat menjangkit penyakit mata pada anak kucing.

Tanda yang sering dderita kucing dengan Konjungtivitis adalah mata bengkak, berair dan kemerah-merahan. Rasanya oun gatal sehingga kucing akan berkemungkinan besar untuk mencakar dan menggaruk matanya sendiri.

Feline Herpervirus

Penyakit yang dikenal juga dengan FHV-1 ini penyebab sakit mata pada kucing yang paling sering serta penyakit mata kucing pada anak. FHV-1 ini sangat suka menginfeksi kucing muda dan akan “kumat” ketika si kucing sedang

Ciri-cirinya adalah mata kucing akan menjadi jernih dan menawan, lalu si anak kucing akan mengalami gangguan pernafasan dan ulkus oral.

Cacing Mata Kucing

Ini penyakit yang sering ditemukan pada kucing kampung. Namun tak hanya kucing kampung yang bisa terkena penyakit mata kucing. Penyakit mata kucing yang satu ini juga dapat menginfeksi kucing ras. Cacing mata terjadi karena cacing Thelazia Californiensis yang menyerang mata, tidak hanya kucing namun anjing, domba dan sapi bisa terjangkit penyakit ini.

Penyakit cacing mata bisa di lihat dari mata hewan yang berair berlebihan, dan di matanya telihat cacing berwarna putih. Mata si hewan juga akan menjadi senstif terhadap cahaya, jika dibiarkan akan menjadi konjungtivis.

Nasolacrimal Occlusion

Adanya penyumbatan pada sistem pengeringan air pada mata si kucing menyebabkan Nasolacrimal Occlusion muncul.

Kebalikan dengan penyakit mata hewan pada umunya yang over berair, Nasolacrimal Occlusion menyebabkan mata si kucing menjadi kering. Nah saat tersumbat, carian pelumas mata akan keluar secara tidak wajar sehingga menyebabkan cacat anatomi.

Mata Cekung

Meski terdengar aneh, penyakit mata cekung pada kucing banyak di jumpai. Ciri-cirinya adalah mata kucing akan terlihat timbul karena di dalamnya terdapat kelebihan glukoma dan lama-lama akan membuat penyumbatan di belakang mata.

Tumor Mata

Untuk sebagian orang, mendengar kata Tumor sudah sangat mengerikan. Tumor memang penyakit yang berbahaya karena akan menyerang organ yang berbahaya seperti mata. Tumor akan membuat si kucing amat snagat kesakitan.

Cirinya adalah dengan benjolan di sektiar mata kuing yang kemudian akan membesar seiring berjalannya wkatu. Anda harus cepat cepat melakukan operasi untuk si kucing tersebut.

Mata Kecil sebelah

Mungkin sudah banyak yang pernah melihat mata kucing yang kecil sebelah. Penyakit mata pada kucing ini dapat dilihat dengan jelas karena mata kucing akan terlihat tidak simetris dikarenakan bakteri Chlamyduia yang akan membuat mata kucing keluar dari tempatknya jika dibiarkan dan parah.

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing

Sudah tau kan tentang jenis-jenis penyakit mata pada kucing serta ciri-cirinya. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati sakit mata pada kucing secara alami ataupun dengan anjuran dokter.

Air Garam

Cara mengobati sakit mata pada kucing secara alami yang pertama adalah dengan membasuh mata kucing yang sakit dengan air garam. Air garam memang terkenal dapat membunuh kuman, virus dan bakteri serta dapat membantu mengeluarkan kotoran mata yang ada pada kucing.

The Hijau

Untuk manusia, the hijau dikenal sebagai minuman yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Nah untuk kesehatan, the hijau juga dapat menjadi bahan alternatif untuk mengobati sakit mata pada kucing. Hanya dengan membuat the hijau tanpa gula dan membasuh mata kucing dengan the hijau bia membantu meredakan sakit mata kucing.

Cuka Apel

Banyak yang sudah mengetahui manfaat melimpah yang dimiliki oleh cuka apel. Di sebuah klinik di Amerika menjadikan cuka apel sebagai obat sakit mata kucing yang ternyaat malah ampuh dan berhasil. Hanya dengan menyelupkan kapas di larutan cuka apel dan metesi mata kucing dengan bantuan kapas tersebut secara rutin.

Jus Lemon

Untuk mengobati infeksi pada mata, jus lemon sanat dirokemendasikan. Meski kurang berefek untuk penyakit mata lainnya, namun jus lemon bisa membantu meringankan penyakit mata pada kucing. Campurkan 2sdm air dengan 5 tetes lemon lalu tetesi cairan tersebut sebanyak 5 tetes dan harus rutin agar hasilnya maksimal!

Salep Tetrasiklin

Jika anda berkonsultasi dengan dokter hewan atau apotek tentang mata kucing anda maka salep tetrasiklin pasti menjadi rekomendasi. Obat salep yang sudah dipercaya oleh banyak dokter hewan dan dikalangan pecinta hewan ini mampu mengatasi penyakit mata hewan dengan cepat.

Antibiotik

Antibiotik yang di khususkan untuk hewan mempunyai khaisat yang sama dengan antiiotik manusia untuk mengatasi berbagai penyakit. Untuk masalah sakit mata pada hewan biasanya akan diberikan antibiotic dalam bentuk obat tetes mata agar memudahkan kita untuk mengaplikasikannya. Sementara antibiotic minum bisa di campurkan ke makanan si kucing.

Lisin

Untuk penyakit Feline Herpevirus yang di derita kucing, bisa menggunakan obat lisin karena merupakan asam amino esensial sehingga dapat menghambat tumbuhnya virus. Setelah di berikan lisin, feline Herpevirus tidak akan menyebar lagi. Anda juga bisa memberkan asam amino alami sehingga terhindar dari bahan pengawet.

Milk Thistle

Meskipun dikenal sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan kerontokan bulu, Milk Thistle juga dapat membantu menghilagkan penyebab sakit mata pada kucing. Berikan sau kapsul milk thitle untuk di konsumsi kucing secara rutin sesuai anjuran dokter ya.

Elizabethan Collar

Untuk menjauhkan kucing mencakar matanya yang gatal, and abis amemberikan Elizabethan collar. Collar yang berbentuk kerucut ini dapat membantu menjauhkan kucing untuk mencakar mukanya sendiri agar luka pada mata tidak infeksi atau menyebar.

Operasi

Khusus untuk penyakit tumor mata yang di derita kucing, operasi adalah jalan satu-satunya. Karena tumor tidak akan bisa hilang jika tidak diangkat. Operasi juga membutuhkan biaya yang mahal karena merupakan penyakit yang sudah parah.

Cara Mengobati Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Sebelum mengobati mata kucing yang tertutup selaput putih, Anda harus mengetahui dahulu penyebabnya.

Jika penyebabnya karena cacingan, maka dokter hewan akan menyarankan agar kucing Anda diberi obat cacing yang direkomendasikan di toko hewan terdekat.

Namun apabila penyebabnya karena bakteri penyakit atau virus, maka untuk mengatasinya dengan obat antibiotik atau Anda harus membersihkan bakteri tersebut secara alami.

Umumnya orang-orang lebih memilih menggunakan obat mata kucing khusus. Obat tersebut bisa didapat di toko hewan. Tapi kadang kala orang-orang juga memakai antibiotik obat mata manusia contohnya insto.

Begitulah penyebab sakit mata pada kucing dan cara mengobati kucing sakit mat ayang dapat kami rangkum dan berikan.

Banyak sekali cara alternatif dan cara dokter untuk menyembuhkan mata kucing. Namun, lebih baik mencegah penyakit mata kucing dari pada sudah terlanjur terjangkit penyakit karena pengobatannya akan menyita waktu dan perhatian anda.

Penyakit mata pada kucing ada beberapa yang dapat menulr ke manusia, untuk itu selalu jaga kebersihan dan langsung mencuci tangan setelah Anda mengobati si mpus. (Sumber)

Post a Comment

0 Comments